MACAM-MACAM BENTUK ATAP RUMAH ADAT JAWA – RUMAH JOGLO

Haloo guys, hari ini kita akan berbagi pengetahuan lagi nih. Oke langsung saja ya, kali ini kita akan bahas mengenai Bentuk atap rumah Joglo – Rumah adat Jawa Pada umumnya Atap rumah Joglo terdiri atas dua bagian, yaitu rangka atap dan penutup atap.

Bahan yang umumnya digunakan untuk rangka atap Joglo yaitu kayu, baik kayu polos maupun yang dipenuhi ukiran, semuanya itu sama saja hanya bergantung pada selera masing-masing orang, karna kita tau sendiri selera setiap orang itu berbeda-beda. Sedangkan bahan penutup atap biasanya menggunakan genteng tanah liat dan atap sirap.

Genteng tanah liat dihasilkan dari tanah liat yang ditekan kemudian dibakar. Kekurangan dari genteng ini adalah terjadinya perubahan warna dan munculnya jamur bila semakin lama digunakan. Sedangkan Atap sirap terbuat dari kepingan tipis kayu ulin. Kelebihan penutup atap ini yaitu ringan, kuat, memantulkan panas sehingga membuat ruangan dibawah lebih sejuk dan membuat tampilan atap lebih cantik. Selain itu atap sirai mampu bertahan sampai 25 tahun bahkan bisa selamanya bergantung dari lingkungan, kualitas kayu yang digunakan, dan besarnya sudut atap.
Jadi Atap Rumah joglo dan

Ada banyak macam-macam atap rumah jawa berikut adalah beberapa jenis bentuk atap rumah Jawa :

1

Berikut ini juga beberapa jenis / bentuk atap joglo :

 

Oke sekian penjelasan mengenai bentuk-bentuk atap rumah adat jawa / joglo yang bisa saya sampaikan. semoga bermanfaat ya. terimakasih 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s